-->

6/18/2010

Mempercepat Kinerja Komputer dengan Tweaking, Optimasi dan Software

Saya adalah seorang kuli di sebuah perusahaan korea "S". Keseharian tidak bisa lepas dari yang namanya komputer/ laptop/ netbook. Saat pekerjaan menumpuk biasanya selalu aja ada halangannya, ada inilah ada itulah, ini membuat emosi saya memuncak. Ditambah lagi dengan komputer yang sangat lelet. Wah membuat hati makin panas. Oleh karena itu, saya sering googling, bagaimana sih, biar komputer jadul nan lemot ini bisa sedikit bergerak bebes...??? berikut beberapa tips yang saya dapat dari googling.

Tweaking Windows Untuk Mempercepat Computer

Tips pertama yang saya dapat untuk mempercepat kinerja komputer yang kita miliki sehingga performance lebih baik adalah dengan sedikit Tweaking dan Modifikasi pada setting Windows computer kita. Hal ini sangat membantu untuk mempercepat Kinerja computer kita yang mungkin anda rasa masih lamban seperti bila kita masih menggunakan PC setara pentium III atau Pentium 4.

Dengan menerapkan Modifikasi, optimiser, Tweaking seeting Registry pada Windows maka hal ini akan mengoptimalkan kerja dari Computer agar bekerja lebih cepat dari sebelumnya.

Berikut langkah Optimalisasi Windows untuk mempercepat kinerja Komputer :

A. Matikan beberapa fitur Start Up.

Hal ini akan mempercepat loading Windows pada waktu Booting atau pertama kali kita menghidupkan Komputer.

  • Masuk menu RUN >>> Ketikan MSCONFIG >> OK >> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua centang pada Start up kecuali Program Anti virus
  • Klik Menu service >> Hilangkan centang pada Automatic Updates
  • Setelah itu >>> Aplly >>> Ok

Hal ini memerlukan Restart Windows, Setelah itu ada Message Windows dan pilih don't show this message again. Kemudian lanjutkan ke Optimasi pada Registry Windows di bawah ini.

B. Optimasi Pada Registry

Rubah Registry Windows pada bagian berikut ini.

  • MASUK RUN >> Ketik REGEDIT >> >> OK
  • MY COMPUTER >>> HKEY_CURRENT_USER >> CONTROL PANEL >> DESKTOP >>
  • Cari MENU SHOW DELAY >> Doble Klik dan rubah value data menjadi 10
  • Cari HUNG-UP TIME OUT >> Doble Klik rubah value dataya menjadi 5
  • MY COMPUTER >> HKEY_LOCAL_MACHINE >> SYSTEM >> CONTROLSET001 >> CONTROL >> WAIT TO KILL SERVICE >> Rubah Valuenya menjadi 500
  • MY COMPUTER >> HKEY_LOCAL_MACHINE >> SYSTEM >> CONTROL SET002 >> CONTROL >> WAIT TO KILL SERVICE >> Rubah Valuenya menjadi 500
  • MY COMPUTER >> HKEY_LOCAL_MACHINE >> SYSTEM >> CURRENT CONTROL Set> COntrol >> SESION MANAGER >> MEMORY MANAGEMENT >> DISABLE PAGING EXCecutive >> Rubah Value data menjadi 1

C. Optimalkan Virtual Memory

  • Masuk Control Panel >> System >> Advanced >> Performance Setting >>> Pilih Custom >> Cawang pada : “Use Drop Shadow For Icon labels on the dekstop” dan “Use Visual styles on windows and buttons” dan kemudian aplly.
  • Pada menu advanced >>> Virtual memory >> Change >> Klik pada drive c:Windows >> Pilih Custom Size >> Rubah Value pada initial size dan maximum Size 2 kali lipat dari value sebelumnya misal 256 rubah ke 512 , 512 rubah 1000) atau anda bisa merubah sesuai keinginan anda asal lebih besar dari value sebelumnya, Kemudian klik Ok.

Tweaking dan Modifikasi diatas bertujuan untuk mengoptimalkan dan mempercepat proses kerja suatu program atau software. Dan untuk mencegah peringatan / warning Virtual memory too low pada saat menjalankan program yag berat seperti Adobe Photoshob, Corel Draw, Adobe Premiere, Pinacle dan program berat lain yang memerlukan Virtual memory yang besar.

Setelah selesai Restart komputer anda maka Kinerja dan Performance Computer anda akan lebih cepat dari sebelumnya.

Selain itu, jika dirasa masih kurang, anda bisa lakukan 2 langkah tambahan :

1. Menggunakan software

Sederhana banget ya menggunakan software, banyak sekali software yang beredar untuk mempercepat proses komputer, namun yang satu ini jelas beda. Namanya eboostr, cobalah anda download software nya dan install di komputer. Dengan eboostr, komputer anda akan bertambah memory nya yang menyebabkan proses komputer menjadi lebih cepat. Meskipun yang di download adalah trial namun lumayan bisa dipakai selama 3 jam.

2. Menggunakan flash disk

Setelah meng-install eboostr, anda harus punya flash disk sebagai tambahan memory, jadi anda tidak perlu upgrade / menambah memory komputer anda, cukup menggunakan flash disk. kalau ingin tambah lagi memory nya, tinggal beli lagi saja flash disk baru untuk di duetkan dengan flash disk yang lama. Gila dengan 2 buah flash disk 2 GB jadinya memory komputer menjadi 4GB ditambah memory yang sebenarnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.



1 komentar:

Artikel Komputer mengatakan...

Makasih Infonya. Beragam cara mengoptimalkan komputer.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...