-->

7/05/2010

Cara Membuat Halaman Statis (Static Page) pada Blogspot

Setelah beberapa hari disibukkan dengan kerja, kerja dan kerja, akhirnya saya sempatkan hari ini untuk berbagi satu info menarik bagi anda, khususnya pengguna blogger.
Bertambah lagi fitur menarik dari Blogspot. Para blogger yang blognya bernaung di Blogspot kini sudah bisa membuat halaman statis (static page) pada Blogspot. Jika dulu saya pernah mengatakan bahwa pada Blogspot belum bisa dibuat halaman khusus yang terpisah, tetapi hanya halaman-halaman posting yang berurutan, namun sekarang kemampuan itu telah dibuat oleh Blogspot. Halaman khusus yang terpisah dari kumpulan posting (tulisan) inilah yang lazim disebut sebagai Halaman Statis (static page).

Berikut ini langkah membuat halaman statis pada Blogspot:
  1. Login ke dasbor Blogspot Anda, kemudian klik link menu Posting.
  2. Selanjutnya klik submenu Edit Laman yang merupakan menu untuk membuat static page pada Blogspot.
  3. Anda akan diarahkan pada pembuatan halaman baru. Cara mengisi halaman yang akan Anda buat mirip dengan membuat posting. Klik tombol Tayangkan Laman jika sudah selesai.
  4. Jika baru pertama kali membuat halaman statis ini, Anda akan diminta memilih lokasi dimana Anda akan menampilkan link halaman yang baru saja Anda buat. Link ini akan berfungsi sebagai menu pada blogspot Anda yang jika diklik akan menuju halaman tersebut.
  5. Ada 3 pilihan lokasi dari link menu halaman yang Anda buat:
    • Bilah Samping Blog : jika Anda ingin menampilkan menu halaman statis Anda pada sidebar blogspot. Ini akan menjadi menu vertikal pada Blogspot Anda.
    • Tab Blog : jika Anda ingin menampilkannya di bagian atas blog Anda. Ini akan menjadi menu horizontal pada Blogspot Anda.
    • Tidak Ada Gadget : jika Anda ingin menampilkannya secara manual seperti ketika membuat menu horizontal pada Blogspot baik menggunakan CSS maupun membuat menu dengan Javascript yang pernah kita pelajari sebelumnya.
    Jika Anda memilih opsi pertama atau kedua, maka secara otomatis sebuah gadget baru yang bernama Gadget Pages akan bertambah pada blog Anda. Anda bisa melihatnya melalui menu Tata Letak kemudian pilih submenu Elemen Halaman.
    Anda bisa mengedit Gadget Pages ini jika ingin mengatur halaman apa saja yang ingin ditampilkan pada Blog Anda. Hmm, menarik bukan?
  6. Anda juga bisa menambahkan secara manual Gadget Pages ini (jika tidak memilih pilihan pertama atau kedua pada langkah 5 di atas). Caranya seperti biasa, yaitu:
    • Pada dasbor Anda, pilih link menu Tata Letak, kemudian pilih subtab menu Elemen Halaman.
    • Klik link Tambah Gadget pada bagian blog yang ingin Anda tempatkan gadget pages ini.
    • Maka akan muncul window penambahan gadget baru. Silahkan cari dan pilih Gadget Pages.
Saya rasa, Anda sudah bisa membuat halaman contact pada Blogspot pada halaman statis menggunakan fitur ini dan bukan lagi membuatnya pada halaman posting.

Namun,masih ada beberapa kekurangan dari fitur ini. Mungkin karena masih baru dan bisa dikatakan jauh ketinggalan dari pada sistem yang dibuat oleh Wordpress. Beberapa kekurangannya adalah kita belum bisa membuatt dropdown menu pada Blogspot menggunakan fitur ini. Selain itu, kita hanya bisa menambahkan 1 (satu) saja gadget pages nya. Artinya, kita tidak belum bisa membuat menu vertikal dan horizontal sekaligus menggunakan fitur ini.

Sumber : http://tutorial-website.blogspot.com/



1 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...