-->

10/14/2010

Pola Diet untuk Mencegah Kanker Payudara


Kanker payudara adalah salah satu penyakit perempuan yang paling mematikan. Setiap tahun, ada 46.000 perempuan yang terkena kanker payudara, dan 12.000 di antaranya akhirnya menyerah.

Banyak hal yang sebenarnya bisa kita lakukan untuk mencegahnya. Menurut para peneliti, mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan susu, dua kali seminggu bisa membantu mencegah jenis kanker ini.

Pembuktian ini didapatkan setelah para peneliti memelajari 50 perempuan overweight dalam kisaran usia 30-45 tahun. Mereka ini memiliki risiko genetik untuk mengembangkan kanker payudara. Dari studi tersebut, terlihat bahwa perempuan yang mengurangi asupan kalori hingga hanya 650 kalori dua kali seminggu akan menurunkan secara signifikan tingkat hormon yang memicu kanker dalam darah.

"Dengan diet dua hari ini Anda bisa membatasi kalori jauh lebih banyak daripada jika Anda mengurangi porsi makan setiap hari. Hal ini memengaruhi semua sel di dalam tubuh, khususnya yang ada dalam payudara. Suplai makanannya seperti berkurang, sehingga membuat sel-sel tersebut lebih stabil dan tidak akan memecah untuk membentuk kanker," ungkap Dr Michelle Harvie, yang memimpin studi dari Wythenshawe Hospital di Manchester, Inggris.

Pola makan yang dianjurkan terdiri atas empat porsi sayuran, sepotong buah, satu liter susu rendah lemak, dan secangkir teh hijau. Setelah enam bulan, peneliti mendapati bahwa para responden ini mengalami penurunan kadar hormon penyebab kaner (secara rata-rata leptin berkurang 40 persen, dan insulin berkurang 25 persen) di dalam darah. Yang tak kalah penting, bobot tubuh rata-rata juga berkurang hingga 6,5 kg.

Memang sejak lama sudah diketahui bahwa menurunkan berat badan bisa membantu mencegah kanker payudara, karena obesitas diyakini sebagai penyebab ketiga dari semua kasus kanker payudara.

Stephen O’Rahilly, profesor bidang Clinical Biochemistry dan direktur medis di Cambridge University, mengatakan, "Tantangan utama adalah bahwa orang mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan. Kalaupun berhasil, satu atau dua tahun kemudian kebanyakan orang akan kembali ke berat badan semula."

Nah, jadi, mulai sekarang cobalah untuk menjadikan pola makan sehat dan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup Anda.

Sumber : Kompas


Zona Iklan
(Silahkan di klik satu kali saja)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...