-->

1/31/2011

12 Cara Menghemat Baterai iPad, iPhone dan iPod

12 Cara Menghemat Baterai iPad, iPhone dan iPod

Punya iDevice tapi sering dibuat pusing karena baterai drop di saat-saat penting? Ada beberapa tips dalam artikel ini yang bisa Anda coba untuk memaksimalkan baterai iPhone/iPod/iPad Anda. Beberapa tips akan mudah dicerna karena sangat masuk akal, tapi Anda mungkin akan terkejut dengan beberapa tips lain. Silakan simak satu per satu:

1. Jauhkan iDevice dari sinar matahari
Apapun yang Anda kerjakan bersama iPhone, iPod atau iPad, dimanapun dan kapanpun, ingatlah untuk selalu menghindarkannya dari sinar matahari. Bukan hanya matahari, tapi setiap PANAS. Ini berarti jika Anda berada di ruangan tanpa ventilasi yang cukup, tanpa AC, atau sedang berada di mobil yang panas karena mesin kendaraan, maka Anda tidak boleh menggunakan atau menyimpan iDevice di tempat-tempat seperti itu.

Penjelasannya mudah, panas (apapun sumbernya) akan sangat mudah mematikan baterai dibanding faktor apapun. Jika berada di tempat panas, meskipun baterai iPad telah di-charge selama berjam-jam, tetap saja akan habis termakan panas dan Anda harus charge ulang. Jika terlalu sering terjadi maka baterai pun akan aus dan Anda harus menggantinya. Kesimpulannya, gunakan dan simpan iDevice di tempat sejuk.

2. Kurangi brightness
Tingkat brighness yang sangat tinggi pasti memerlukan daya baterai tinggi. Anda tidak perlu setting itu apalagi pada malam hari. Atur saja tingkat brightness pada posisi 30% melalui Settings > Brightness & Wallpaper.



3. Auto-Lock
Pastikan screen terkunci dengan cepat. Pilih menit terendah yang ada di iPhone. Alasannya? Meski Anda telah mengatur brightness pada level rendah tapi tetap saja jika iPhone tetap dalam keadaan unlock dalam jangka lama tanpa Anda menggunakannya untuk bekerja, screen tetap membutuhkan daya baterai. Atur auto-lock melalui General > Auto-Lock. Anda akan merasakan bedanya, terutama jika Anda terbiasa menyimpan iPhone di saku dalam keadaan display un-locked.



4. Airplane Mode (iPad/iPhone)
Jika Anda sedang tergila-gila pada game Angry Birds dan menghabiskan sampai 8 jam memainkan game itu, pakai saja Airplane Mode. Ini karena bisa dipastikan Anda tidak akan menggunakan jaringan internet pada iPad/iPhone saat memainkan Angry Birds. Namun harus diingat saat Anda mengaktifkan Airplane Mode maka semua panggilan telepon di iPhone tidak bisa masuk. Tapi jika tidak keberatan kegiatan nge-game Angry Birds terganggu berbagai telepon, ya non-aktifkan saja Airplane Mode.



Alasan lain mengaktifkan mode ini adalah ketika Anda berada di area yang sulit dijangkau jaringan ponsel dan internet. Kenapa? karena iPhone dan iPad akan berulang-ulang berusaha mendapatkan koneksi tersebut. Dampaknya tentu saja akan memakai daya baterai lebih. Anda bisa mengaturnya Settings > Airplane Mode.

5. Gunakan WiFi, Bukan 3G
Jika mungkin lebih baik menggunakan WiFi saja, jangan 3G. Apple mengatakan, baterai iPad bisa bertahan sampai 10 jam jika digunakan bersama koneksi WiFi, tapi hanya 9 jam jika dengan 3G. Baterai iPhone pada jaringan WiFi bisa bertahan sampai 10 jam tapi hanya 6 jam jika dipakai pada jaringan 3G. Pengaturan bisa dilakukan di Settings > Wi-Fi, pilih network yang Anda inginkan.



6. Mail & Calendar Checking
Kurangi list pada menu Mail, Contact, Calendar. Jika Anda memiliki setumpuk konfigurasi pada email, calendar, atau contact, maka menu itu akan melakukan pengecekan sekaligus download email secara berkala secara terus-menerus. Dan itu memakan baterai.


Anda bisa mengaturnya di Settings > Mail, Contacts, Calendars > Fetch New Data, atur pada waktu terpanjang atau pilih saja Manually untuk melakukan pengecekan secara manual.

7. Push Notification
Sebisa mungkin kurangi jumlah Push Notification. Periksa aplikasi apa saja yang tidak begitu penting untuk Anda mendapatkan notifikasi. Lihat di Settings -> Notifications, dan matikan saja notifikasi untuk aplikasi yang tidak begitu penting. Ini akan menghemat baterai karena mengurangi data dari internet yang ter-download ke iPhone Anda.



8. System Sounds
Mengurangi System Sounds? Kedengarannya memang konyol, tapi Anda boleh mempraktekkan tips ini. System Sounds memang hanya memakai sejumlah kecil daya baterai tapi jika Anda teliti dan mau mematikan semua yang ada di System Sounds, maka baterai akan jadi lebih hemat. Atur di Settings > General > Sounds.



9. Disable Location Services
Jika Anda tidak memerlukan Location Services, non-aktifkan saja menu ini untuk menghemat sedikit baterai. Atur di Settings > General > Location Services > OFF.



10. Bluetooth
Jika tidak sedang menggunakan headset atau keyboard bluetooth, sebaiknya Anda mematikan fitur ini. Mengaktifkan bluetooth secara terus-menerus tentu saja memerlukan daya baterai tersendiri. Aktifkan jika benar-benar memerlukannya. Atur di Settings > General-> Bluetooth > ON/OFF.



11. Matikan Getar
Sejumlah games memakai fitur getar yang jika Anda tahu, itu memerlukan daya baterai. Non-aktifkan fitur getar pada games yang sering Anda mainkan karena itu akan menghemat baterai.

12. Charge and Discharge
iDevice Anda memerlukan servis ini setidaknya sekali sebulan (lihat artikel tentang Battery Calibration). Jangan lupa pula segera mungkin charge baterai tanpa harus menunggu baterai benar-benar habis dan mati dalam waktu lama.

Selamat mencoba, dan semoga baterai iDevice milik Anda bisa terjaga dan awet

1 komentar:

aried mengatakan...

Menangi iPad, iPhone dan Blackberry dengan mudah! Sertai permainan lumba kereta ini!!!

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...