-->

1/05/2011

Kepuasan atau Kesuksesan?



Uang, ketenaran, kekuasan, dan prestise, adalah pengejawantahan kesuksesan. Sedangkan kepuasan, ketercapaian, kelegaan, atau kelengkapan dalam berkarya nilainya sangat pribadi, melebihi ukuran kesuksesan. Kepuasan seringkali tak nampak dan hanya dapat dirasakan. Nah, mana yang memotivasi Anda dalam menjalani karier atau pekerjaan, kesuksesan atau kepuasan?

Menurut CareerCoach Rene Suhardono, dalam bukunya Your Job Is Not Your Career, sebagian orang tidak akan pernah memahami, apalagi mencapai kepuasan, karena mereka mengejar hal-hal yang tidak memberikan makna bagi diri mereka sendiri.

Jika saat ini Anda masih merasa belum puas dalam karier atau pekerjaan lantaran terlena mengejar kesuksesan, saatnya menemukan ketercapaian dalam karier, caranya:

1. Mengubah orientasi Anda
Ketercapaian tidak ada hubungannya dengan uang. Jadi, mulai sekarang ubah orientasi karier atau pekerjaan Anda, dengan tidak berfokus pada uang.

"Orang yang semata mengejar uang dalam pekerjaannya, seringkali adalah pribadi yang berpikiran pendek, transaksional, dan tak menyenangkan," tegas Rene.

Jadi, penekanan dalam karier dan pekerjaan Anda seharusnya adalah terhadap apa yang Anda rasakan dan apa yang Anda anggap penting dalam hidup. Sekali lagi, bukan sekadar mengejar uang.

2. Pikirkan manfaatnya bagi orang lain
Apabila Anda sudah menemukan apa yang Anda anggap penting dalam hidup, kuatkan keyakinan Anda ini dengan memahami maknanya. Kemudian pikirkan manfaatnya yang akan diterima orang lain, lingkungan, bahkan dalam skala besar, negara. Bukankah Anda akan merasa puas dengan pencapaian diri jika apa yang Anda lakukan bermanfaat bagi orang lain, dan bukan hanya untuk diri sendiri?

3. Mencari dukungan
Temukan mentor atau rekan yang bisa membantu Anda mencapai kepuasan dalam karier dan pekerjaan. Melalui bantuan berbagai pihak ini, Anda bisa memelajari segala hal yang perlu diketahui dan masih harus diketahui di bidang tersebut.

4. Selesaikan masalah dan temukan peluang
Ketercapaian hanya akan terwujud jika Anda termotivasi untuk menyelesaikan berbagai masalah yang Anda hadapi dalam karier dan pekerjaan. Caranya, teruslah perbaiki dan tingkatkan standar yang berlaku di bidang Anda.

"Jadikan hal ini sebagai satu-satunya kesempatan berkarya dalam hidup Anda," tutur Rene.

Zona Iklan
(Silahkan di klik satu kali saja)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...