-->

6/09/2011

Bumbu Masak juga bisa Menyehatkan Tubuh Kita


Tahukah anda bahwa bumbu masak tidak hanya bisa dimanfaatkan/ digunakan untuk melezatkan makanan,namun juga bisa digunakan untuk menyehatkan badan.Ada banyak macam bumbu masak yang bisa kita jumpai di pasaran,namun tidak semuanya memiliki kandungan zat yang mampu membantu menyehatkan kita.Bumbu masak atau yang kita kenal sebagai rempah-rempah mampu menjaga tubuh kita dari kanker, menjaga tekanan darah dan gula darah serta menjaga kesehatan kardiovaskular.Dengan begitu keseimbangan kesehatan dalam tubuh kita akan terjaga dan kita bisa terhindar dari macam penyakit.Berikut ini ada beberapa bumbu/rempah-rempah yang bisa digunakan untuk pelezat makanan sekaligus menyehatkan tubuh kita.
- Ganti garam dengan rempah. Aneka rempah-rempah seperti oregano, paterseli, bawang putih, rosemary, sudah cukup untuk memberikan aroma alami dalam masakan.
- Gunakan bawang putih segar. Selain menurunkan tekanan darah, bawang putih juga baik untuk mengontrol kadar kolesterol. Untuk hasil maksimal, gunakan bawang putih segar, jangan yang berupa bubuk dalam botolan.
- Kemangi, oregano dan rosemary, bisa membantu Anda melawan virus influenza
- Kunyit untuk mengobati sakit punggung. Para peneliti telah menemukan kandungan zat dalam kunyit yang disebut curcumin, ternyata mengandung khasiat anti peradangan. Selain bisa dikonsumsi terpisah, kunyit juga bisa ditambahkan dalam bumbu kari. Selain itu, curcumin juga bisa mengurangi risiko kanker usus.
- Kurangi tekanan darah dengan bumbu “hangat”. Bumbu-bumbu hangat seperti jahe, kayu manis, lada, dan pala, bisa melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, sehingga akan mengurangi tekanan darah.
- Ganti gula dengan rempah. Kurangi asupan gula setiap hari, selain melakukan diet, Anda juga bisa mulai mengganti gula dalam masakan dengan kayu manis atau pala.
Mungkin banyak yang belum tahu manfaat yang dikandung dari rempah-rempah tersebut.Setelah membaca artikel ini mulai sekarang cobalah untuk membiasakan menggunakan bahan-bahan bumbu alami seperti di atas karena rempah-rempah jauh lebih baik dan menyehatkan daripada bumbu instant yang biasa kita beli di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...