-->

7/11/2011

Tidur Lebih Berkualitas Berkat Olahraga



Manfaat olahraga tak hanya membuat tubuh lebih bugar. Olahraga yang dilakukan dengan tepat juga membuat tidur lebih berkualitas karena metabolisme tubuh lebih baik dan kerja hormon lebih efisien.

Spesialis kedokteran olah raga, dr Grace Tumbelaka, SpKO, menjelaskan jika kebiasaan olahraga dilakukan sesuai rumusannya, yakni tepat secara frekuensi, intensitas, time dan type (FITT), kebugaran tubuh meningkat dan aktivitas harian juga lebih baik.

FITT merupakan rumus dasar berolahraga yang baik dan benar, untuk memberikan hasil optimal. Frekuensi yang tepat adalah tiga hingga lima kali setiap minggu. Intensitasnya 60-80 persen dari denyut nadi maksimal. Menghitung denyut nadi maksimal adalah 220 dikurangi usia Anda. Sedangkan untuk waktu (time), idealnya melakukan olahraga 25 - 45 menit nonstop. Untuk tipe terbagi menjadi olahraga dengan intensitas sering dan tidak perlu keterampilan khusus, seperti jogging dan atau sepeda statis. Sementara tipe olahraga dengan intensitas variatif dan memerlukan keterampilan ada pada senam aerobik, renang, dan sepeda non statis.

Dengan berolahraga, dr Grace memaparkan, daya tahan jantung juga lebih baik. Begitupun dengan kekuatan otot. Selain itu fleksibilitas juga lebih meningkat, dengan kata lain kelenturan sendi lebih baik.

"Daya tahan jantung meningkat jika melakukan olahraga yang tepat. Sebaliknya, jika olahraga dilakukan tanpa mengindahkan FITT tadi, akibatnya ada penurunan kemampuan dan daya tahan jantung. Misalnya, biasanya mampu berjalan kaki satu kilometer, tetapi baru setengah kilometer saja sudah terengah-engah," papar dr Grace kepada Kompas Female beberapa waktu lalu.

Olahraga dengan menerapkan FITT juga membuat komposisi tubuh menjadi lebih seimbang, yakni perbandingan tinggi badan dengan berat badan lebih proporsional. Inilah sebabnya olahraga bisa dikatakan sebagai salah satu cara mendapatkan tubuh ideal, karena porsi lemak dan non lemak dalam tubuh lebih seimbang. Alhasil, komposisi yang baik ini pun berdampak pada kesehatan yang lebih prima.

Aktivitas olahraga yang lebih fokus pada keterampilan, seperti renang atau senam aerobik misalnya, juga meningkatkan kelincahan, kecepatan, dan keseimbangan tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...