-->

11/23/2011

Pengertian RSS Feed

Pengertian RSS Feed


Pengertian RSS Feed - Pasti anda pernah melihat icon seperti yang diatas thu apalagi buat para blogger sudah tentu tidak asing lagi, tapi apa sebenarnya arti dari icon/gambar tersebut,kali ini ane mau bahasa tentang pengertian dari RSS Feed, ayo kitaa simak pengertiannya :


Menurut wikipedia.org, pengertian RSS adalah 

RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.
Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.


Dari wikipedia saya juga mendapatkan singkatan dari RSS.
Really Simple Syndication (RSS 2.0)


Nah, sudah ada sedikit pencerahan?
Kalau belum, akan saya coba untuk menjelaskan sedikit.

Hampir setiap situs atau blog memiliki Feed (umpan) baik atom.xml, RSS, dan lainnya. Fungsi dari RSS Feed adalah mempermudah pembaca untuk selalu up to date dengan tulisan-tulisan yang disajikan oleh situs atau blog yang mereka sukai. Tentunya tanpa mereka berkunjung langsung ke situs/blog tersebut.

Contohnya seperti ini :

Anda adalah seorang blogger newbie yang rajin mencari ilmu baru ke blog X. Masalahnya anda tidak punya koneksi yang cukup mantap untuk memuat utuh blog X karena tampilan blog X sangat berat. Nah, solusinya adalah berlangganan RSS Feed dari blog X tersebut. Dengan begitu anda bisa membaca postingan blog X lewat browser atau google reader tanpa harus berkunjung ke blog tersebut.

Source

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...