-->

11/27/2011

Tips Agar Berpidato Lancar

Walaupun cuaca Ambon lagi panas tapi harus tetap semangat oke kali ini ane mau bahasa yang namanya pidato karena sebentar lagi ane mau ujian di kelas speaking. Oleh karena itu ane mau berbagi sedikit tentang Tips Agar Berbidato Lancar, oke kita langsung aja ke TKP
Jika Sobat ingin berpidato lancar maka sobat harus perhatikan hal hal berikut ini:


1. Pengucapan
Pengucapan sangatlah penting, karena para pendengar atau penilai akan mendengar suara kita lebih jelas. Ejalah kata dengan jelas seperti me-, di-, kan-. Karena setiap kata kalau pengucapannya salah akan mengandung makna yang berbeda pula.
Contohnya coba kita bandingkan Madin itu tangannya panjang dengan Madin itu tangan panjang.
Meskipun berbeda hanya di pengucapan –nya, tapi mengandung arti yang jauh berbeda.

2. Vouleme suara
Intonasi suara harus jelas, meskipun kadang-kadang kita pakai mikrofon, tapi suaranya rendah, tidak akan terdengar juga. Tapi jangan terlalu kuat juga, volume suara kita dalam berpidato harus tergantung kepada situasi kalau berpidato di depan banyak orang coulumenya agak keras, dan kalau berpidato di tempat yang agak kecil, suaranya sedang-sedang saja, yang penting para pendengar yang diujung dapat mendengarnya.

3. Raut muka
Jangan perlihatkan wajah pucat kita, itu akan memberikan nilai minus untuk juri, bersikaplah tenang dalam setiap keadaan, angaplah tidak ada orang yang mendengar anda. Walau anda baru pertama kali berpidato, anggaplah berpidato seperti mengobrol kepada sanak-saudara terdekat kita. Sehingga raut wajah kita tidak terlalu pucat.

4. Peserta bertatapan dengan pendengar
Sering sekali banyak para peserta mukanya/kepalanya menghadap kebawah kalau tidak ke atas, itu merupakan hal yang salah dalam berpidato. Pidato itu tujuannya adalah menyampaikan informasi kepada banyak orang, apakah di bawah kita ada orang? tidak ada, kan? Maka itu kita harus bertatapan muka dengan orang yang akan kita berikan informasi, agar diberikan nilai plus kepada juri.

5. Penampilan
Jagalah penampilan kita tetap bersih dan rapi, karena juri pasti memperhitungkannya, karena kita berdiri didepan banyak orang, jadi penilaian itu penting. Jika pendengar melihat kita bersih dan rapi, pasti banyak orang yang suka. Ingat penampilan bukanlah wajah kita melainkan pakaian kita dan sikap kita, banyak sekali orang yang salah presepsi tentang penampilan. Orang ganteng sekalipun kalau pakaiannya compang-camping tidak rapi dan bersih juga tidak ada yang suka.

6. Body language
Gerak tangan kita, tingkah laku kita termasuk body language, gerakan tangan sangatlah penting, karena jika kita cuman berbicara saja, sangatlah monoton, tidak ada yang spesial, kalau kita melakukan gerak tangan, atau sebagainya, juri tersebut melihat anda sangt inovatif sekali.

7. Eye contact
Mata merupakan hal penting dalam berpidato, jangan melihat kesana-kemari. Banyak sekali kalau kita melupakan kata-kata sewaktu berpidato mata kita tertutup untuk mengingatnya, itu merupakan kesalahan yang fatal, relaks aja, yang terpenting mata kita harus tertuju kepada para pendengar, ataupun juri, jangan melihat ke atas, kebawah ataupun meta kita tertutup (merem).

8. Percaya diri
Percaya diri atau PD, sangatlah penting, karena jika kita percaya diri, maka volume suara kita, body language kita, raut muka kita. Eye contact kita akan sangat bagus. Percaya diri merangkup semuanya, kalau kita sudah mempersiapkan semuanya sampai hapal mati teksnya tapi kita tidak PD di depan, maka yang kita hafal itu tidak akan keluar, semuanya lupa karena kita takut, dan seperti tertekan.
Anggaplah orang-orang yang mendengarkan adalah murid-murid atau teman-teman yang berwawasan rendah. Jangan anggap dia merupakan orang yang hebat, sehingga membuat orang takut. Ingat pengetahuan itu tidak terbatas, jadi sebagaimana orang pintar pun pasti ada banyak hal yang belum dipelajarinya, jadi jangan takut kalau dikomentari.

9. Topiknya harus jelas
Topik yang akan kita bawakan harus jelas, mengapa? Karena banyak sekali para peserta mengaur saja, dan para pendengar tidak mendapatkan inti dari pidato anda. Ingat para pendengar hanya mendengar jika informasi yang diterima untuk mereka sangatlah bermanfaat. Jadi topiknya harus jelas, jangan setelah bicara ini, bicara yang lain lagi, sehingga pendengar dibuat pusing. Kita harus berpidato dalam topik yang sesuai, walaupun agak dikembangkan sedikit dan agak berbeda itu tidak apa-apa, tapi jangan sampai melenceng sekali dari topic pertama.

Semoga Artikel ini bermanfaat ya sob, doain juga semoga Ujian Pidato ane sukses, Salam Blogwalking

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...