-->

2/15/2012

Pengertian Google Pagerank dan Faktanya

Pengertian Google Pagerank dan FaktanyaBerbicara Google Pagerank dan Faktanya  langsung terlintas di benak kita masing-masing mengenai algoritma google yang berfungsi untuk menetapkan Rank Google pada website atau blog, atau istilah kerennya Google Pagerank.

Namun dalam berbagai kasus yang pernah saya temui tidak sedikit blogger yang salah kaprah mengenai kegunaan dan fakta-fakta Google Pagerank, sehingga mereka sedikit lebih mementingkan Google Pagerank daripada konten blognya. Jadi pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian Google Pagerank dan Fakta-faktanya.

Pengertian Google Pagerank

Setelah googling sana-sini akhirnya saya menemukan pengertian google pagerank yang cukup menyakinkan bagi saya, yaitu dari Om Wiki (Wikipedia), menurut Om Wiki, Pengertian Google PageRank adalah algoritma yang diciptakan oleh pendiri Google yang bernama Sergey Brin dan Larry Page yang berfungsi untuk menentukan website atau blog mana yg lebih penting atau lebih populer. Nah setelah mengetahui Pengertian Google Pagerank ada baiknya kita tahu juga fakta-fakta google pagerank berikut ini:

Fakta Google Pagerank

Google Pagerank hanya salah satu cara Om Google untuk mengetahui relavansi dan mengukur seberapa penting sebuah halaman.
Google pagerank tidak menghitung pada domainnya saja, tapi google juga menghitung pada halaman-halaman artikel di website atau blog tersebut.
Biasanya Google Update Pagerank tiap 3 bulan sekali. Terakhir update pagerank Tanggal 6 Februari kemarin dan Alhamdulillah Blog Sederhana saya ini dapat PR 3.
Nilai pagerank terdiri antara 0 - 10 dan semakin tinggi nilainya maka akan semakin sulit untuk memperolehnya dibutuhkan banyak link masuk (inbound link) yang berkualitas.
Google Pagerank berbeda dengan Alexa Rank, termasuk cara penghitungannya.

Nah itulah Pengertian Google Pagerank dan faktanya tapi saya rasa postingan ini masih sangat pendek dan masih kuat untuk melanjutkannya, maka dari itu saya mencoba mengulas juga mengenai hal-hal yang mempengaruhi dan yang tidak mempengaruhi Google Pagerank.

Hal-hal yang Mempengaruhi Google Pagerank

Link masuk/Inbound link dari halaman website atau blog yang memiliki pagerank lebih tinggi dan lebih berkualitas sangat berpengaruh terhadap pagerank blog kita.
Link masuk/Inbound link dari halaman website atau blog yang memiliki kesamaan niche atau topic sangat mempengaruhi kenaikan pagerank.
Link Out juga sangat mempengaruhi perhitungan pagerank.
Terakhir yaitu Anchor text karena mempengaruhi relavansi suatu halaman.

Hal-hal yang Tidak Mempengaruhi Pagerank

Meta tag tidak berhubungan dgn Google Pagerank dan sama sekali tidak mempengaruhinya. Meta tag hanya berhubungan dengan search engine.
Konten blog tidak mempengaruhi google pagerank, google pagerank didasarkan pada link. Namun konten yang berkualitas akan membantu untuk mendapatkan link walaupun tidak secara langsung mempengaruhi google pagerank kita.
Usia domain sama sekali tidak mempengaruhi pagerank. Seperti yang saya katakana di atas google pagerank dipengaruhi pada link. Contoh pada blog saya ini umurnya baru 2 bulan tapi sudah dapat Pagerank 3, sebaliknya pada blog saya yang umurnya sudah 1 tahun Cuma dapat pagerank 1.
Link masuk/Inbound link yang menggunakan atribut rel="nofollow" atau istilah kerennya Inbound link dari Blog Nofollow tidak akan mempengaruhi google pagerank.
Berikut itu Pengertian Google Pagerank dan Faktanya, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua teruta sobat blogger yang selama ini salah kaprah dengan Google Pagerank.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...