-->

6/15/2011

60,5 Persen Pemuda Indonesia Pengangguran

BANDUNG — Pengangguran di kalangan pemuda merupakan masalah yang belum dapat diselesaikan hingga kini. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2008, angka pengangguran di kalangan usia produktif ini mencapai 60,5 persen dari jumlah yang ada. Perlu langkah tepat untuk mengatasinya.

Ketua Tim Ahli Deputi II Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Diebel Effendi, menyatakan angka pengangguran sebesar 60,5 persen itu dari batasan umur 16-20 tahun. Sedangkan menurut ukuran memenpora, batasan usia pemuda adalah 16-30 tahun. “Jadi, kalau mengacu pada batasan Kemenpora, jumlah pemuda yang menganggur mungkin lebih besar lagi,” katanya, Kamis (7/4).

Besarnya angka pengangguran itu, kata Diebel, harus mendapat prioritas dari pemerintah. Sebab, jika pengangguran ini tak dicari solusinya, akan menjadi pemicu persoalan sosial di masyarakat. Persoalan pengangguran ini tak lepas dari urbanisasi masyarakat desa ke kota

akibat tak tersedianya lapangan kerja di desa. “Jadi, wajar masyarakat desa, khususnya kaum muda, memilih mencari pekerjaan ke kota,” ujar dia.

Mengutip data yang dirilis World Youth Report 2010 yang dikeluarkan PBB, Diebel mengatakan, urbanisasi pemuda penyebab kemiskinan dan pengangguran tumbuh tiga persen di perkotaan. Tingkat pertumbuhan yang sama juga terjadi di Indonesia pada periode 1990-2005. Di pedesaan, ada penurunan pemuda sebesar satu persen.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, MB Zubarkhum Tjereng, selain pengangguran, persoalan lain yang dihadapi kalangan muda adalah keterbatasan sumber daya pembiayaan bagi kegiatan pemuda, penyakit menular dan kekurangan gizi, kemerosotan karakter, pergaulan bebas, narkoba, dan masalah lainnya.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, kata Zubarkhum, Kemenpora menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor Provinsi Bidang Pengembangan Pemuda di Bandung, 2-8 April di Bandung.

Republika, 4 April 2011, dew martliani/joko Suceno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...