-->

6/21/2011

Ganti Spa dengan Berbaring Saja



Coba pikirkan, berapa banyakkah uang yang kita habiskan untuk bersantai di spa, sekadar ingin melepas lelah? Ada hasil penelitian terbaru yang bisa Anda coba. Daripada menghabiskan banyak uang, mengapa Anda tidak mencoba berbaring saja?

Ini bukan saran kosong, melainkan hasil studi yang diterbitkan jurnal Depression and Anxiety. Para peneliti secara acak meminta 68 pasien yang menderita stres, untuk mencoba tiga tipe perawatan relaksasi. Yakni pijat aromaterapi, termoterapi (badan peserta dibungkus dengan bantal pemanas dan handuk hangat), dan hanya berbaring tanpa diganggu.

Semua peserta dianjurkan untuk bernafas secara dalam, sambil diiringi musik selama perawatan. Mereka melakukan 10 sesi dengan intensitas satu jam selama tiga bulan. Hasilnya, dari ketiga grup, sekitar setengah dari total peserta mengalami penurunan gejala stres sekitar 50 persen, seperti ketegangan dan sakit otot.

"Berita bagusnya adalah, kini ada banyak strategi yang bisa kita lakukan untuk mengurangi gejala stres. Jadi kita cukup memilih mana yang disuka, atau mencoba perawatan tipe lain jika yang satu dirasa kurang cocok," ujar Evette J. Ludman, PhD, senior research associate di Group Health Research Institute, Seattle, Amerika. "Namun, mengapa kita tidak mencoba menyediakan waktu secara rutin di rumah untuk sekadar bernafas dan bersantai tanpa gangguan," sarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...