-->

6/21/2011

Kiat Meditasi 3-20 Menit Setiap Hari

Anda tak perlu pergi ke pantai atau ke tempat sepi untuk bermeditasi. Meditasi bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun. Meditasi juga tak perlu waktu lama, bisa tiga menit saja, hingga 20 menit setiap harinya. Dengan bermeditasi pikiran lebih terkontrol, perasaan tak nyaman sirna dan stres teratasi lebih baik.

Meditasi bahkan bisa dilakukan sambil menjalani rutinitas harian. Lakukan saja meditasi pada waktu-waktu ini:

1. Saat mandi
Saat menjalani ritual mandi atau ketika mencuci piring, Anda bisa bermeditasi. Manfaatkan waktu untuk fokus pada pernafasan Anda, sambil merasakan aliran lembut air saat mandi atau mencuci piring, kata Jonathan Kaplan, PhD, psikolog klinis yang juga penulis Urban Mindfulness.

2. Saat menunggu
Saat menunggu si kecil keluar dari kelas, atau saat menunggu teman dan relasi kerja, manfaatkan waktu untuk meditasi. Anda butuh bantuan teknologi kali ini. Aplikasi meditasi dalam gadget Anda bisa mendukung meditasi. Suara menenangkan dari aplikasi meditasi ini membantu Anda fokus pada pernafasan dan proses meditasi. Setidaknya Anda bisa menjalani proses meditasi selama tiga menit dengan cara ini.

3. Saat makan
Waktu makan siang atau makan malam, juga bisa dimanfaatkan untuk meditasi. Sebelum menyantap makanan, dalam posisi duduk, tutup mata Anda dan ambil nafas. Lalu buka mata Anda, dan lihatlah hidangan di meja, saran Claire Wheeler, MD, PhD, penulis 10 Simple Solutions to Stress. Hirup aroma makanan dan mulailah mengunyah perlahan. Cara ini tak hanya menenangkan pikiran, namun juga mencegah Anda makan berlebihan. Anda cenderung lebih menikmati makanan dengan lebih santai ketika pikiran dan tubuh relaks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...