-->

6/16/2011

Yang Perlu Diriset Sebelum Jalan-jalan

Faktor paling penting dari kesuksesan sebuah perjalanan adalah persiapan, terutama riset yang komprehensif. Sumbernya bisa didapat dari Internet, buku, majalah, referensi teman, dan lain-lain. Berikut ini hal-hal yang wajib diriset untuk sebuah perjalanan:

Lokasi dan akses


Sudah pasti hal pertama yang harus diriset adalah lokasi. Riset lokasi bukan hanya menyangkut daerah wisata yang akan Anda kunjungi, tapi juga tempat menginap, tempat makan dan tempat belanja (jika perlu). Jangan lupa meriset akses dari dan ke tempat tujuan. Ketahui juga cara mencapai tempat menginap dari bandara/stasiun/halte bus dan cara menuju objek wisata dari tempat menginap. Supaya tidak tertipu, bekali diri Anda dengan informasi tarif transportasi.

Kondisi geografis


Pentingnya mengetahui kondisi geografis sebuah destinasi wisata adalah supaya kita tidak salah gaya. Beberapa daerah memiliki kondisi geografis yang bisa menipu. Misalnya Pulau Sempu di Jawa Timur. Begitu mendengar kata pulau, tentu yang terbayang adalah wisata pantai. Namun untuk mencapai pantai yang luar biasa indah itu, Anda harus trekking dari satu jam di dalam hutan. Terbayang kan, kostum seperti apa yang perlu Anda siapkan?


Bahkan saat musim panas pun, suhu di malam hari bisa tiba-tiba turun. Lakukan riset lengkap tentang cuaca di tempat tujuan. Foto: AP/Gregorio Borgia

Cuaca


Terkadang kita malas meriset cuaca dan menganggapnya sepele karena merasa tahu. Padahal tidak selamanya cuaca persis seperti teori, apalagi dengan adanya pemanasan global dan tetek-bengek lain. Contoh yang paling mudah adalah cuaca di negara kita saat ini. Waktu SD dulu, saya belajar bahwa musim kemarau berlangsung pada Maret-Agustus. Sekarang semuanya menjadi tidak pasti. Hal ini memengaruhi kostum yang akan kita bawa.

Kebiasaan dan adat istiadat


Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Sebelum berkunjung ke suatu tempat, pastikan Anda memahami kebiasaan dan adat istiadat setempat. Melanggar adat hukumannya lebih berat dari melanggar hukum seperti aturan lalu lintas, misalnya. Paling mudah adalah berlaku santun dan tidak berlebihan. Perhatikan juga cara Anda berpakaian karena di beberapa daerah, pakaian adalah hal yang sangat sensitif.

Acara


Beberapa daerah menyelenggarakan acara khusus seperti festival dan karnaval dengan jadwal yang tetap setiap tahun. Meriset acara di tempat destinasi sangat penting karena selain Anda bisa ikut ambil bagian, acara-acara khusus seperti itu biasanya membuat harga penginapan dan transportasi menjadi lebih mahal, layaknya musim liburan.

Situasi politik


Meskipun tujuan Anda bukan daerah konflik, meriset situasi politik tetap diperlukan. Situasi politik di sini tidak melulu berarti konflik bersenjata, tapi bisa juga kegiatan lain seperti pemilihan kepala daerah. Tentu Anda tidak ingin terjebak dalam iring-iringan kampanye selama liburan, kan? Di samping itu, bila secara tiba-tiba destinasi Anda berubah menjadi daerah rawan, Anda bisa segera membuat rencana lain sebelum sampai tujuan.

Mata uang


Jika Anda berencana jalan-jalan ke luar negeri, jangan lupa meriset mata uang negara tujuan. Bukan hanya jenis mata uang yang berlaku, tapi juga cari informasi bagaimana sistem penukaran mata uang tersebut. Apakah rupiah laku ditukar di sana? Atau lebih baik membawa mata uang internasional seperti dolar Amerika? Apakah money changer mudah didapat?

Bahasa


Kesulitan bahasa memang bukan kendala, tapi akan lebih baik bila kita mengetahui dan menguasai bahasa yang digunakan di tempat tujuan. Minimal Anda menguasai percakapan praktis, seperti bertanya harga barang atau di mana toilet. Bekali diri dengan kamus praktis sebagai acuan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...