-->

7/11/2011

Apakah Saya Ketagihan Seks?


Seperti halnya alkohol, obat bius, atau judi, seks juga bisa menimbulkan ketagihan. Gangguan ini bahkan lebih berbahaya karena bukan hanya membahayakan diri sendiri tetapi juga orang lain di sekitarnya.
Orang yang ketagihan seks atau hiperseks memiliki dorongan berlebih untuk terus menerus melakukan hubungan intim dan sudah tentu ia membutuhkan orang lain untuk memuaskannya. Bila pasangannya tidak bersedia ia akan mencari orang lain.
Para ahli menyebutkan orang hiperseks kebanyakan adalah mereka yang pernah mengalami pelecehan seksual semasa kanak-kanak. Pada beberapa kasus hiperseks juga terjadi karena rasa kesepian dan kurang percaya diri. Seks dipakai sebagai cara untuk merasa dihargai.  Ada juga orang yang ketagihan seks karena aktivitas otak saat melakukan hubungan intim memberikan rasa eforia karena pengeluaran hormon saat orgasme. Sehingga mereka ingin terus mengulanginya.
Walaupun orang yang hiperseks begitu terobsesi pada seks, namun mereka sering tidak menikmati hubungan seks karena hal itu berarti kesenangannya akan segera berakhir. Sesungguhnya yang mereka nikmati adalah dorongan seks tersebut. Bila tak bisa melampiaskan hasratnya mereka juga cenderung merasa sedih dan cemas.
Meski lebih banyak diderita kaum pria, ketagihan seks juga bisa dialami perempuan.
Berikut adalah tanda-tanda ketagihan seks yang perlu diwaspadai.
- Memakai hubungan seks untuk menghilangkan perasaan negatif seperti kecemasan atau kesedihan.
- Menyembunyikan perilaku seksual dari pasangan karena merasa malu.
- Tidak mampu menghentikan perilaku seksual meskipun tahu bahwa itu tidak benar.
- Ada dorongan seks yang tinggi namun tidak pernah merasa puas setelah berhubungan intim.
- Menghabiskan sebagian besar waktu dan energi untuk terus-terusan melakukan hubungan seks hingga mengorbankan pekerjaan dan aktivitas lain. Orang yang hiperseks bisa melakukan hubungan intim lebih dari 3 kali dalam sehari.
- Melakukan praktik-praktik seksual, misalnya prostitusi atau seks dengan anak di bawah umur.
Bila Anda merasa ketagihan, Anda mungkin tidak harus meninggalkan seks sama sekali namun dapat belajar menghindari perilaku-perilaku yang memicu ketagihan tersebut. Konsultasikan dengan dokter spesialis masalah seksual karena ketagihan ini bisa diobati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...