-->

6/16/2011

Obat Pencegah Kehamilan, Pil Progestogen

 
Jika ternyata Anda tidak mungkin memakai pil kombinasi untuk menjalani program pencegah kehamilan, anda dapat menggunakan pil versi progestogen saja. Berikut adalah penjelasan mengenai cara penggunaannya, keuntungan dan juga efek samping yang menyertainya.
Apa itu?
Pil progestogen (progestogen-only pill) mengandung suatu hormon yang biasa dinamakan dengan progestogen. Hormon ini sama persis dengan hormon alami yang disebut dengan progesterone, hormon ini diproduksi di dalam sel telur kaum hawa. Ada berbagai macam jenis dari pil progestogen.

Bagaimana cara kerjanya?

- Pil ini berfungsi untuk mengentalkan suatu lendir yang terletak di area serviks, ini untuk men-stop sperma yang akan menuju dengan sel telur wanita.
- Membuat suatu bentuk lapisan yang berasal dari rahim menjadi lebih tipis, akibatnya tidak dapat menerima sel telur yang sudah dibuahi atau dimasuki sperma.
- Biasanya juga dapat men-stop indung telur untuk melepaskan sel telur (ovulasi), hal ini merupakan kegunaan utama dari pil progestogen yang biasa dinamakan Cerazette.
Mitos dan fakta seputar POP
- Mitos: pil progestogen adalah bentuk kecil dari beberapa pil kombinasi.
Fakta: Hal ini tidaklah benar, pil ternyata ini hanya memiliki kandungan progestogen.
- Mitos: Anda juga tidak bisa memakai antibiotik dengan pil progestogen.
Fakta: Hal ini juga tidak benar, Anda juga tetap dapat memakai antibiotik kecuali antibiotik jenis yang dapat mempengaruhi enzim (yang biasa dipakai untuk beberapa penyakit epilepsi, HIV atau TB) sebab akan jelas mengurangi efektivitas dari pil progestogen.
Seberapa besar bisa diandalkan?
Keampuhannya sangat tergantung pada setepat apa pil ini anda gunakan. Pil progestogen memiliki efektivitas sampai 99% jika anda menggunakan sesuai dengan instruksi yang ada. Dapat di simpulkan, dengan memakai cara tersebut, satu dari 100 wanita akan mengalami kehamilan dalam setahunnya.
Bagaimana menggunakannya?
Pemakaian pil progestogen bisa diawali sampai hari kelima dari masa wanita mengalami menstruasi. Jika pil ini diminum pada saat ini, maka akan berfungsi secara langsung. Jika dimulai pada hari lainnya, perlu untuk menggunakan kontrasepsi lainnya untuk 2 hari.
Pil ini harus diminum dalam kurun waktu yang sama per harinya dan juga diminum setiap hari hingga satu bungkus pil itu habis. Satu bungkus pil yang masih baru harus segera diminum tanpa jeda, hal ini juga berarti anda harus meminum pil ini selama masa menstruasi anda.
Keuntungan:
- Tidak akan mengganggu hubungan intim anda.
- Anda juga dapat memakainya ketika anda menyusui.
- Jika tidak dapat memakaikan estrogen, Anda dapat memakaikan ini.
- Anda juga dapat tetap memakai ini jika Anda ternyata merokok dan juga memiliki usia lebih 35 tahun.
- Pil ini juga bisa meringankan periode menyakitkan dan saat premenstruasi anda muncul.

Kerugian:

Anda wajib selalu mengingat meminum pil progestogen ini pada saat yang sama persis perharinya. Efek samping yang dapat ditimbulkan yaitu adanya bercak-bercak pada bagian kulit anda dan bentuk payudara anda juga menjadi lembek. Jika kondisi efek samping itu itu ternyata tidak berhenti untuk beberapa bulan kedepan, perlu mengganti pil progestogen, mungkin itu akan membantu anda. Efek samping yang ditibulkan lainnya adalah:
- Bisa mengakibatkan menstruasi menjadi tidak teratur lagi atau bahkan akan berhenti.
- Beberapa wanita dapat muncul suatu kista kecil berisi cairan terletak pada indung telur, tetapi tenang, karena hal ini tidak berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya tanpa anda harus mengobatinya.
- Meningkatkan resiko kanker payudara.
Apa yang harus dilakukan bila sekali lupa minum POP
Anda sudah “kelewatan untuk minum satu pil berikutnya” jika teryata Anda meminum pil lebih 3 jam dari waktu anda meminumnya. Ada 12 jam berikutnya berfungsinya Cerazette. Sangatlah penting bagi anda untuk memulai meminum dan berlanjut pada saat dan jam yang sama kesesokan harinya, tetapi jika Anda lupa:
- Anda menjadi tidak lagi terlindung dari kehamilan yang mungkin terjadi, jadi anda harus minum pil langsung setelah anda mengingatnya dan anda juga gunakan kontrasepsi lain selama 2 hari.
- Minumlah pil progestogen selanjutnya pada saat dan jam biasanya, berarti anda perlu untuk meminum 2 pil sekaligus dalam satu hari.
Hal lain yang perlu diperhatikan:
- POP tidak dapat meproteksi diri Anda dari penularan jenis penyakit seksual.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...